Tahapan Proses Pekerjaan Pondasi Pelat Jalur Pada Pembangunan Gedung Perkantoran 4 Lantai

kontraktor jogja

PT EMKA Architect Group merupakan perusahaan KONTRAKTOR DI JOGJA yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat. Menjadi KONTRAKTOR Jogja yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, menjadikan PT EMKA Architect Group bukan hanya sekedar melayani pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll namun juga mengkonsep matang Bangunan yang anda impikan oleh tenaga professional kami serta menyuguhkan Pembangunan yang layak anda idamkan dan ramah lingkungan.

Pondasi pelat beton jalur adalah pondasi yang digunakan untuk mendukung sederetan kolom Pondasi plat beton jalur. Pondasi ini digunakan jika luas penampang yang menggunakan pondasi pelat terlalu besar. Karena itu luas penampang tersebut dibagi dengan memanjangkan lajur agar tidak terlalu melebar. Pondasi ini lebh kuat jika dibandingkan dengna dua jenis pondasi dangkal lainnya. Harganya lebih murah dari pondasi batu kali untuk bangunan rumah bertingkat. Ukuran lebar pondasi pelat jalur sama dengan lebar bawah pondasi batu kali yaitu 70 cm – 120 cm. Ini disebabkan fungsi pondasi pelat jalur adalah menggantikan pondasi batu belah bila batu belah sulit didapat atau memang sudah ada rencana pengembangan rumah keatas.

Kelebihan pondasi pelat beton jalur :

  1. Lebih murah dihitung dari segi biaya
  2. Galian tanah lebih sedikit karena hanya digali pada bagian yang terdapat kolom strukturnya
  3. Penggunaan pada bangunan bertingkat lebih handal dari pada penggunaan batu belah, baik sebagai penopang beban vertical maupun sebagai gaya horizontal seperti gempa, angin, ledakan, dll

Kekurangan pondasi beton jalur :

  1. Harus menyiapkan bekisting terlebi dahulu (persiapan lebih lama)
  2. Memerlukan waktu pengerjaan lebih lama (menunggu beton kering)
  3. Tidak semua tukang bisa mengerjakannya
  4. Diperlukan pemahaman ilmu struktur.
  5. Pekerjaan rangka besi dibuat dari awal dan harus selesai setelah dilakukan galian tanah.

Tahap yang harus dilakukan adalah :
Pembuatan Lantai Kerja.
Sebelum beton dicor, hamparkan pasir setebal 10 cm dan siram dengan air hingga jenuh dan padat. Dasar lantai kerja harus cukup lebar dan diletakkan pada tanah keras. Pasang lantai kerja ini menerus di bawah pondasi setebal + 5 cm. Adukan beton dengan porsi 1 semen 3 pasir dan 5 kerikil. Lantai kerja harus menerus dengan kedalaman yang sama kecuali ada perbedaan tinggi pondasi pada titik tertentu.

Pembuatan & Perakitan Tulangan Pondasi Pelat Jalur dan Stek Kolom.
Ukur Panjang dari masing-masing tipe tulangan sesuai ukuran pondasi jalur. Bentuklah disain pondasi jalur sesuai bentuk pondasi. Rakit besinya satu per satu dengan kawat pengikat (bendrat) agar tidak lepas. Perakitan dilakukan di luar tempat pengecoran agar setelah dirakit bisa segera dipasang dan proses pembuatan pondasi bisa lebih cepat.

Hasil rakitan dimasukkan dalam tanah galian dan diletakkan tegak lurus permukaan tanah dengan bantuan waterpass. Rakitan tulangan jangan langsung bersentuhan dengan tanah. Gunakan ganjal setebal 40 mm dari batu kali agar tulangan dapat diselimuti beton dan tidak berkarat. Pada titk-titik dimana terdapat kolom dipasang stek untuk menghubungkan pondasi dengan kolom.

Pembuatan & Perakitan Cetakan/Acuan Beton Pondasi
Cetakan pondasi harus dibuat sedemikian rupa hingga jarak sumbu tumpuan memenuhi syarat tertentu. Ini dimaksudkan agar beton tidak melengkung. Papan cetakan tidak boleh bocor dan disambung dengan klem/penjepit. Paku diantara papan dipasang berselang seling agar tidak terjadi retak.

Mutu beton yang disyaratkan adalah K225 atau mengikuti spesifikasi teknis dalam kontrak. Adukan beton harus rata agar memenuhi syarat pekerjaan konstruksi beton dalam SNI 03-2834-2000. Buatlah adukan dalam tabung mollen (mixer) dengan perbandingan 1 semen 2 pasir dan 3 split dan tunggu 4 hingga 10 menit.

Pekerjaan Pengecoran Beton Pondasi Pelat Jalur
Setelah pembesian, material dan cetakan semuanya siap, pengecoran pondasi anda bisa dilaksanakan.

Disini PT EMKA Architect Group sebagai perusahaan KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat di Jogja bisa membantu anda dalam membangun bisnis anda. Dengan pengalaman kami selama 20 tahun, PT. EMKA ARCHITECT GROUP sudah berhasil membangun Berbagai macam dan bentuk bangunan mulai dari pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll diberbagai tempat di Jogja dan sekitarnya sehingga bisa menjadi partnership dalam Proyek Pembangunan anda. tidak hanya itu PT. EMKA Architect Group juga bisa membantu anda untuk perizinan pendirian Bangunan dan pengelolaan.

Info lebih lanjut langsung saja hub : +6281246662228 / +6281246662229
no whatsapp : +6281229944671
atau bisa langsung kunjungi kantor office kami di jl. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Gunung Ketur, Pakualaman, Yogyakarta.

Bagikan Via

Comments