PROSES TAHAPAN PEKERJAAN PLESTER DINDING PADA PEMBANGUNAN GEDUNG HOTEL

PT EMKA Architect Group merupakan perusahaan KONTRAKTOR DI JOGJA yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat. Menjadi KONTRAKTOR Jogja yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, menjadikan PT EMKA Architect Group bukan hanya sekedar melayani pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll namun juga mengkonsep matang Bangunan yang anda impikan oleh tenaga professional kami serta menyuguhkan Pembangunan yang layak anda idamkan dan ramah lingkungan.

Plesteran adalah lapisan yang digunakan untuk menutupi suatu bidang bangunan agar tingkat kekuatannya lebih kokoh. Bisa dibilang tahapan plesteran dinding merupakan landasan utama untuk untuk mencapai finishing dinding yang baik. Memplester berarti melapisi suatu bidang bangunan menggunakan adukan dari campuran semen, pasir, dan air. Dengan mengaplikasikan plesteran, suatu bidang bangunan akan terlihat lebih rapi. Tidak hanya dinding, plesteran juga bisa diaplikasikan pada struktur plafon dan lantai bangunan. Diperlukan tata cara yang tepat untuk membuat plester dinding berkualitas.

Salah dalam mengaplikasikannya, bisa berakibat dinding mengalami retak rambut atau rentan dirembesi air. Berikut ulasan untuk Anda tentang tahapan plesteran dinding yang tepat dan berkualitas.

Tujuan dari Setiap Tahapan Plesteran Dinding
Tujuan utama memplester dinding adalah membuat permukaannya semakin rapi, bersih, dan indah. Plester juga dapat meningkatkan kekuatan dinding dan menyembunyikan kecacatan yang mungkin timbul. Dengan adanya plester, permukaan dinding tidak akan cepat kotor, mudah dicat, dan mudah dibersihkan.

Fungsi plester dinding
Adapun fungsi-fungsi dari plesteran dinding antara lain :
• Meningkatkan kekuatan struktur bidang bangunan
• Meratakan permukaan suatu bidang bangunan
• Melindungi struktur bangunan dari cuaca yang ekstrim
• Melindungi permukaan dinding agar tidak mudah lapuk akibat pengaruh cuaca
• Melindungi dinding dari rembesan air yang berasal dari sisi luar dinding saat turun hujan
• Untuk memperkuat dan meratakan permukaan dinding

Tahapan Plesteran Dinding dari Mulai Persiapan Hingga Finishing
Berikut ini tahap-tahap plesteran dinding mulai dari persiapan alat hingga eksekusi.

Persiapan alat
Tahapan plesteran dinding paling awal adalah mempersiapkan beberapa peralan terkait teknis pekerjaan plesteran dinding, diantaranya yaitu.

  1. Benang
  2. Meteran
  3. Paku
  4. Palu
  5. Roskam
  6. Jidar
  7. Cetok

Persiapan dinding
Permukaan dinding yang akan diplester harus dipersiapkan terlebih dahulu, terutama bila dinding itu kotor disebabkan oleh debu atau lumut. Permukaan dinding yang demikian harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara disikat atau bila perlu dikorek. Kotoran di dinding yang tidak dibersihkan, dapat mengurangi kualitas daya rekat plesteran terhadap dinding. Dinding yang sudah bersih akan memperlancar proses pemlesteran dan hasilnya pun akan maksimal. Anda juga perlu mengupas sisa-sisa adukan yang menonjol pada dinding. Kemudian periksa pemasangan instalasi listrik yang tertanam dalam dinding. Pastikan bahwa instalasi tersebut sudah selesai dikerjakan dengan benar dan telah dilakukan pengetesan.

TEKNIS PENGERJAAN
Pemasangan benang
Pemasangan benang ini bertujuan untuk menyetel ketebalan plester yang akan diaplikasikan nantinya.

Membuat adukan
Sebelum membuat adukan, Anda perlu mempersiapkan bahan dan alatnya, yaitu : Semen, pasir, air, ember dan cangkul. Tanpa membedakan komposisi adukan tersebut, hasil plesteran dinding ruangan rumah minimalis Anda tidak akan maksimal dan mudah rusak.

Membuat kepala plesteran
Kepala plesteran sering juga disebut dengan kelabangan. Fungsi dari kepala plesteran adalah untuk mempermudah penjidaran atau pemerataan plester.

Memplester seluruh area dinding
Setelah Anda membuat kepala plesteran, Anda perlu mendiamkannya selama 1-3 hari hingga kering. Hal ini perlu dilakuakan, agar dinding memiliki konstruksi lapisan yang kuat.

Akibat salah dalam proses membuat plesteran
Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas, memplester dinding tidak boleh asal-asalan, karena kesalahan kecil saat memplester dinding, dapat berakibat fatal pada jangka panjang.
Banyak hal buruk yang akan terjadi, bila pemlesteran dinding tidak dilakukan dengan benar, misal dinding mengalami retak, air dari luar merembes masuk ke dalam rumah, hingga acian dinding rusak karena plesteran yang rapuh.

Demikian ulasan kami tentang tahapan plesteran dinding yang tepat. Percayakan tahap pembangunan Anda pada Kami PT. EMKA ARCHITECT GROUP sebagai kontraktor berpengalaman.

Disini PT EMKA Architect Group sebagai perusahaan KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat di Jogja bisa membantu anda dalam membangun bisnis anda. Dengan pengalaman kami selama 20 tahun, PT. EMKA ARCHITECT GROUP sudah berhasil membangun Berbagai macam dan bentuk bangunan mulai dari pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll diberbagai tempat di Jogja dan sekitarnya sehingga bisa menjadi partnership dalam Proyek Pembangunan anda. tidak hanya itu PT. EMKA Architect Group juga bisa membantu anda untuk perizinan pendirian Bangunan dan pengelolaan.

Info lebih lanjut langsung saja hub : +6281246662228 / +6281246662229
no whatsapp : +6281229944671
atau bisa langsung kunjungi kantor office kami di jl. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Gunung Ketur, Pakualaman, Yogyakarta.

Bagikan Via

Comments