Mengecor Beton dengan Cetakan, Hal utama dari Struktur Pembangunan Gedung

kontraktor jogja

PT EMKA Architect Group merupakan perusahaan KONTRAKTOR DI JOGJA yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat. Menjadi KONTRAKTOR Jogja yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, menjadikan PT EMKA Architect Group bukan hanya sekedar melayani pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll namun juga mengkonsep matang Bangunan yang anda impikan oleh tenaga professional kami serta menyuguhkan Pembangunan yang layak anda idamkan dan ramah lingkungan.

Pengecoran kolom dan balok yang tidak terisi penuh oleh beton akan membuat tulangan baja tidak terlindungi dengan sempurna – hal ini menjadi persoalan dari banyak kasus saat mempekerjakan kontraktor untuk membangun gedung.

Apa yang perlu dilakukan ketika pengecoran kolom dan balok yang tidak terisi penuh oleh beton sehingga membuat tulangan baja tidak terlindungi dengan sempurna? Hal ini menjadi persoalan dari banyak kasus ketika mempekerjakan kontraktor untuk membangun gedung yang akhirnya menyebabkan pusing kepala saat harus melepas cetakan beton (formwork) dan mencari penyebab dari permasalahan ini. Peristiwa ini biasanya ditemukan dalam proses pembangunan, terutama pada kasus pencetakan beton dengan menggunakan papan kayu. Semakin beragam ukuran papan kayu yang digunakan, maka semakin banyak pula masalah tulangan baja tidak terlindungi dengan sempurna saat cetakan dilepas.

Pertama-tama, kita harus paham apa yang dimaksud dengan cetakan pengecoran. Cetakan pengecoran merupakan material untuk membuat kotak dengan ruang kosong ditengahnya sebagai tempat memasang tulangan-tulangan baja dengan spesifikasi tertentu sebelum beton dituang. Cetakan pengecoran dapat dibuat dari bermacam-macam material, yang paling tradisional yaitu dengan papan kayu (campuran dari potongan kayu), biasanya memiliki ketebalan 1-1,5 inch dan lebar 6, 8, atau 10 inch, yang kemudian disusun satu per satu menjadi sebuah cetakan beton (formwork). Cetakan pengecoran dari kayu umumnya tidak memiliki lidah sambungan diantara papannya, oleh karena itu ada celah diatara papan kayu yang dirapatkan dengan bantuan baut (untuk papan kayu berketebalan 1,5 x 3 inch).

Celah yang terlalu lebar akan menjadi area kebocoran semen. Area-area lain yg menjadi tempat bocornya semen yaitu antara sambungan cetakan tegak dengan cetakan mendatar. Jika baut longgar, sambungan pada bagian tegak-lurus bisa menjadi area kebocoran yang akan menyebabkan adanya rongga didalam struktur balok atau diantara sambungan antara cetakan struktur balok dengan kolom saat cetakan dilepas. Jika ujung papan cetakan struktur kolom tidak benar-benar terhubung ke lantai, maka akan menyebabkan munculnya rongga dibawah struktur kolom saat cetakan dilepas (rongga atau batu dan baja yang tampak dari luar di area yang terhubung ke lantai)

  1. Struktur kolom yang tidak terisi beton secara sempurna, disebabkan oleh kebocoran semen diantara celah cetakan
  2. Sambungan diantara cetakan pengecoran, saat kondisi pengaman tidak cukup kuat, biasanya menjadi area kebocoran semen yang akan menyebabkan munculnya rongga pada beton.
  3. Penggunaan vibrator beton untuk memadatkan beton didalam cetakan pengecoran struktur kolom dan balok. Pengerjaan yang menyeluruh akan menghasilkan beton yang sempurna tanpa rongga.
  4. Triplek standar (biasanya terbuat dari kayu pohon karet), triplek hitam, dan triplek bambu digunakan untuk bahan pembuat cetakan pengecoran dengan cara menggergaji menjadi beberapa lembaran kemudian disusun menjadi cetakan beton (formwork) yang kokoh.

Cara mencegah permasalahan ini sangatlah mudah, cukup memperhatikan (mengingatkan kontraktor untuk melindungi kebocoran pada area-area yang disebutkan diatas) pemasangan baut pada cetakan haruslah terpasang kencang. Kertas, kantung plastik, plastisin, atau bahkan tanah liat dapat digunakan untuk merapatkan celah diantara cetakan pengecoran yang terbuat dari kayu agar terhindar dari kebocoran semen diantara celah atau sendi penyambung. Hal ini dapat dicegah dengan mengikuti langkah ini dan juga diikuti dengan memperhatikan rasio kekentalan semen serta vibrasi untuk memadatkan beton didalam cetakan (memasang tulangan baja atau vibrator beton sesuai ketentuan), kolom dan balok beton pun akan terbentuk dengan kuat dan sempurna.

Terdapat bahan lainnya untuk cetakan pengecoran, seperti baja dan plastik yang dibuat oleh para produsen dengan spesifikasi tertentu. Keistimewaan dalam penggunaannya yaitu bahan tersebut dapat digunakan berulang kali dengan alat penjepit yang kokoh, pengunci yang kuat, dan lebih pas (dengan biaya lebih tinggi dan biasanya berukuran sama). Selain itu, triplek juga digunakan untuk membuat cetakan pengecoran yang terbuat dari kayu, jenisnya seperti triplek standar, triplek phenolic (dikenal dengan nama ‘triplek hitam’) atau bahkan triplek bambu yang memiliki ukuran sama dengan triplek standar, berbagai triplek tersebut digergaji menjadi lembaran-lembaran dan disatukan untuk digunakan sesuai ketentuan (triplek hitam lebih tahan lama dibanding dengan triplek standar atau triplek bambu). Kesimpulannya, material-material lain yang dapat digunakan untuk berbagai cetakan pengecoran bergantung pada persiapan yang dilakukan kontraktor. Namun yang terpenting adalah cetakan pengecoran harus terpasang dengan rapat tanpa celah untuk mencegah kebocoran semen. Selain itu, penjepit harus dipasang untuk menjaga posisi cetakan tetap pada posisinya sehingga kolom, balok, dan lantai akan tersusun membentuk struktur rumah yang berkualitas

Disini PT EMKA Architect Group sebagai perusahaan KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat di Jogja bisa membantu anda dalam membangun bisnis anda. Dengan pengalaman kami selama 20 tahun, PT. EMKA ARCHITECT GROUP sudah berhasil membangun Berbagai macam dan bentuk bangunan mulai dari pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll diberbagai tempat di Jogja dan sekitarnya sehingga bisa menjadi partnership dalam Proyek Pembangunan anda. tidak hanya itu PT. EMKA Architect Group juga bisa membantu anda untuk perizinan pendirian Bangunan dan pengelolaan.

Info lebih lanjut langsung saja hub : +6281246662228 / +6281246662229
no whatsapp : +6281229944671
atau bisa langsung kunjungi kantor office kami di jl. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Gunung Ketur, Pakualaman, Yogyakarta.

Bagikan Via

Comments