Masalah yang Harus Diperhatikan saat Membangun Rumah di Musim Hujan

kontraktor jogja

PT EMKA Architect Group merupakan perusahaan KONTRAKTOR DI JOGJA yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat. Menjadi KONTRAKTOR Jogja yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, menjadikan PT EMKA Architect Group bukan hanya sekedar melayani pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll namun juga mengkonsep matang Bangunan yang anda impikan oleh tenaga professional kami serta menyuguhkan Pembangunan yang layak anda idamkan dan ramah lingkungan.

Membangun rumah di musim hujan mungkin dilakukan dengan memilih kontraktor yang siap siaga.
Bagi orang-orang yang bermimpi memiliki rumah, terkadang kita tidak bisa menghindari pembangunan rumah di musim hujan. Walau demikian, membangun rumah di musim hujan mungkin dilakukan dengan memilih kontraktor yang siap untuk menyelesaikan masalah. Masalah untuk membangun rumah di musim hujan yang harus diantisipasi adalah sebagai berikut:

Masalah Kondisi Tempat Kerja
Proses membangun rumah akan lebih sulit karena kondisi lokasi konstruksi yang menyulitkan untuk bekerja saat hujan.
Masalah keselamatan di tempat kerja

Masalah Listrik di Lokasi Konstruksi
Instalasi saklar cutout harus dipasang di tempat yang terlindungi dari hujan. Kabel listrik juga tidak boleh dibiarkan di tanah. Selain itu, tiang penopang kabel harus dipasang guna mencegah bahaya listrik.

Masalah Penyimpanan Bahan Bangunan
Untuk semen yang harus dijauhkan dari air dan kelembapan, semen harus disimpan di gudang sementara atau diletakkan 20 cm diatas tanah dan ditutup dengan bahan-bahan seperti lembaran plastik atau kain terpal. Jika semen menyerap kelembapan, semen akan mengeras sehingga mengakibatkan efisiensi kekuatan semen berkurang.Besi batangan atau baja struktural juga harus disimpan di gudang atau diletakkan 20 cm di atas tanah sama seperti semen karena baja akan mudah berkarat jika terkena uap air. Jika baja sudah berkarat, karat harus dibuang terlebih dahulu sebelum digunakan.Untuk agregat dan pasir dapat disimpan terpapar air hujan tetapi harus dijaga agar tidak tercampur dengan tanah karena agregat dan pasir yang sudah tercampur dengan tanah tidak boleh digunakan untuk campuran beton. Agregat dan pasir harus diletakkan di atas lembaran plastik sebelum pengangkutan bahan ke area konstruksi dimulai.

Masalah Konstruksi Bawah Tanah
Konstruksi yang melibatkan penggalian seperti pekerjaan pondasi atau tangki penyimpanan air bawah tanah memerlukan adanya penyisihan 50 cm di semua sisi penggalian untuk mengantisipasi potensi tanah longsor ke dalam lubang (pit). Jika kedalaman lubang lebih dari 2 meter, tanggul harus dibangun untuk mencegah longsor. Selain itu, harus ada bak pengendap untuk menampung air dari lubang kemudian gunakanlah pompa air untuk membantu menguras air guna mencegah waterlogging atau penjenuhan tanah oleh air.- Untuk pemasangan pipa di darat, pemasangan tutup plastik yang menutupi ujung pipa selama konstruksi dapat mencegah tanah masuk ke dalam pipa.

Masalah Pengecatan Warna
Pengecatan merupakan pekerjaan yang juga perlu mendapat perhatian khusus karena meskipun ada saja hari dengan cuaca bagus di musim hujan, sebelum mengecat dinding, kita harus memeriksa apakah ada uap lembab yang terkumpul dalam bahan atau tidak, termasuk masalah cat yang menggelumbung dan mengelupas akibat penguapan air dari bahan. – Hal yang sama berlaku untuk pelapisan warna kayu atau baja: untuk kayu, kita harus memastikan bahwa kayu benar-benar kering, sementara untuk baja, karat harus dibuang terlebih dahulu agar pengecatan bisa dimulai.

Masalah Biaya Konstruksi
Masalah biaya konstruksi dapat meningkat karena kurangnya bahan yang diakibatkan oleh manufaktur yang lebih rumit; misalnya, produksi batu bata akan lebih sulit ketika hujan. Dan kadang, biaya konstruksi yang meningkat ini adalah konsekuensi dari transportasi yang sulit atau biaya tenaga kerja yang mungkin lebih tinggi karena tugas yang lebih sulit. Oleh karena itu, masalah penting lainnya yang harus diperhatikan lebih dulu adalah soal rencana ke depan untuk mendiskusikan dan menyetujui kontrak dengan kontraktor untuk pekerjaan selama musim hujan. Konsultasi dengan arsitek atau insinyur tentang durasi konstruksi yang mungkin tertunda pun bisa dilakukkan agar anggaran cadangan bisa disiapkan.Meski bekerja di musim hujan memang sulit, tetapi jika kita tahu bagaimana caranya untuk menangani masalah yang mungkin terjadi, pembangunan rumah saat musim hujan bisa menjadi lebih mudah. Pemilik rumah yang sedang atau akan membangun rumah atau ekstensi dapat bersiap-siap dengan metode ini.

Sumber: www.decorreport.com

Disini PT EMKA Architect Group sebagai perusahaan KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat di Jogja bisa membantu anda dalam membangun bisnis anda. Dengan pengalaman kami selama 20 tahun, PT. EMKA ARCHITECT GROUP sudah berhasil membangun Berbagai macam dan bentuk bangunan mulai dari pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll diberbagai tempat di Jogja dan sekitarnya sehingga bisa menjadi partnership dalam Proyek Pembangunan anda. tidak hanya itu PT. EMKA Architect Group juga bisa membantu anda untuk perizinan pendirian Bangunan dan pengelolaan.

Info lebih lanjut langsung saja hub : +6281246662228 / +6281246662229
no whatsapp : +6281229944671
atau bisa langsung kunjungi kantor office kami di jl. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Gunung Ketur, Pakualaman, Yogyakarta.

Bagikan Via

Comments