Rahasia Untuk Membuka Bisnis Kost Eksklusif

kontraktor jogja

PT EMKA Architect Group adalah perusahaan Kontraktor yang Berkantor Pusat Di Jogjakarta yang sudah berpengalaman selama 20 Tahun. Berkembang bersama Mengembangkan pembangunan rumah, kos eksklusif, hotel, apartemen di Jogja.

Bisnis kos-kosan  terutama bisnis kost eksklusif adalah usaha yang sangat menjanjikan saat ini. Dikarenakan usaha ini (passive income) atau bisa disebut usaha yang menghasilkan pendapatan tanpa harus bekerja keras. Biasanya kos-kosan dilakukan atau dijalankan oleh orang yang sudah berumur atau sudah menurun masa produktifnya dalam pekerjaan. Tetapi, usaha ini malah akan menghasilkan produktifitas yang lebih menguntungkan saat anda masih muda atau masih produktif dalam penghasilan. Berikut ini kami sampaikan beberapa hal sebelum anda memulai bisnis kost eksklusif.

Lakukan survey potensi penyewa dan lokasi

  • Lokasi yang dipilih (pastikan lokasi kos-kosan tersebut adalah berdekatan dengan tempat-tempat penting seperti kampus, kantor, rumah sakit, pabrik serta perkirakan untuk satu tahun kedepannya.
  • Perkirakan jumlah konsumen yang akan datang, hal ini mempengaruhi jumlah kamar yang akan anda bangun.
  • Perbandingkan jumlah penyewa kos-kosan yang ada dengan jumlah pertumbukan kos-kosan setiap tahunnya.
  • Perkirakan harga tanah, harga rumah, harga per m2 dari lokasi tersebut.
  • Carilah lokasi yang sesuai dengan keuangan anda tetapi tetap strategis, misalnya lokasi dekat dengan rumah makan.
  • Pastikan kaamanan dari lokasi tersebut kondusif, jangan mengambil resiko bila sering terjadi kejahatan di lokasi tersebut.
  • Periksa dan pastikan kondisi air di lokasi tersebut.
  • Tetukan dulu model kos yang akan anda bangun apakah kos-kosan standar dengan fasilitas standar atau anda berniat menjadikan kos-kosan eksklusif.
  • Pikirkan juga jarak-jarak untuk mencari kebutuhan primer penyewa kos-kosan.

Walaupun tahap perencanaan sudah banyak tapi tidak ada salahnya bila kedepanannya kos-kosan tersebut mendapatkan pendapatan yang relative besar.Lokasi yang dipilih sangat menentukan tahap kedepannya agar cepat pendapatkan hasilnya.

  1. Misalnya lokasi yang anda pilih adalah di dekat kampus. Pastikan kampus tersebut masih dalam tahap berkembang. Bila kampus tersebut sudah sangat besar maka anda harus mendapatkannya dengan modal yang tidak sedikit (murah).
  2. Pastikan jumlah kos-kosan yang ada apakah masih kurang atau sudah melebihi jumlah yang akan menyewa.
  3. Pastikan ada akses masuk untuk kendaraan khususnya mobil. Mungkin akses untuk mobil tidak berpengaruh untuk mahasiswa, tetapi bila anda menginginkan harga tanah cepat naik maka hal ini akan berpengaruh. Pastikan properti yang anda gunakan untuk bisnis kos-kosan eksklusif atau kos-kosan biasa adlah bangunan lama. Meskipun aka nada beberapa perbaikan tetapi hal ini dapat menjadikan percepatan untuk memulai kos-kosan.
  4. Pastikan loaksi tersebut aman. Setidaknya kita mengetahui lokasi tersebut yang akan berpengaruh pada pengaman kos-kosan anda.
  5. Pastikan daerah tersebut memiliki air bersih dan bukan daerah banjir.
  6. Cari tahu harga kos-kosan sekitar sehingga dapat menjadi pertimbangan anda untuk harga sewa. Misalnya, perbandingan kos-kosan standar atau tanpa kamar mandi dalam dengan kos-kosan eksklusif dengan kamar mandi dalam.
  7. Mayoritas siapa penyewa kos-kosan menjadi pertimbangan apakah banyak wanita yang mencari kos-kosan sebaiknya anda menerima wanita tetapi bila bnayk pria sebaiknya anda menerima pria.
  8. Tentukan berapa luas paskiran yang ada dalam kos-kosan tersebut.
  9. Disekitar kampus berkembang biasanya mahasiswa mencari kos-kosan yang standar tetapi berbeda halnya bagi disekitar kampus yang besar seperti berdekatan dengan fakultas kedokteran maka meraka akan mempertimbangkan kos-kosan eksklusif.
  10. Jangan lupa usaha tambahan anda bisa juga membuka peluang lain seperti untuk kebutuhan premier seperti tempat makan, fotocopy ataupun usaha ynag lain seperti laundry dan lain lain.
  11. Permodalan

Hal ini adalah suatu yang paling penting sebelum anda benar-benar terjun kebisnis kos-kosan. Sumber dana memang bisa dedapat dengan cara yang mudah tetapi kita harus cermat dalam perincian harga atau pengeluaran yang akan digunkan untuk membangun kos-kosan. Berikut beberapa contoh sumber modal yang anda bisa gunakan.

  • Modal sendiri

Meskipun anda bisa menggunakan dari modal sendiri tapi bisnis kos-kosan adalah bisnis yang balik modalnya lama jadi anda harus memperhitungkan benar-benar modal anda. Jangan sampai mengganggu kebutuhan anda apalagi jika harus mengurangai anggaran untuk kebutuhan mendadak.

  • Modal pinjaman keluarga

Pinjaman ini terbilang lunak, tetapi pastikan kedepannya tidak terjadi masalah. Pastikan tidak menimbulkan perselisihan dalam keluarga Karena pinjaman dari keluarga perhitunganya tidak jelas. Jika diperlukan gunakan kesepakatan diatas hitam putih agar m\pinjaman anda jelas.

  • Modal dari bank

Ini adalah cara yang paling mudah untuk mendapatkan  pinjaman tapi anda harus tahu caranya.

  1. Dari dana pinjama keluarga anda bisa gunakan dan setelah terbeli anda bisa gadaikan kepada bank untuk mengembalikan dana keluarga denga beberpa persyaratan dari bank misanya IMB, sertifikat dan akses masuk mobil)
  2. Bila anda adalah Pegawai Negeri Sipil anda bisa gunakan SK untuk dijaminkan kepada bank untuk mendapat pinjaman uang.
  3. Waktu Pembukaan

Bila kos-kosan anda dekat dengan kampus waktu yang tepat adalah menjelang tahun ajaran baru. Jadi,anda bisa antisipasi untuk renovasi dan propses pembelian pas dengan waktu penerimaan mahasiswa.Untuk daerah yang berdekatan dengan pabrik waktu yang tepat adalah setelah libur hari saya atau bisa juga sepanjang waktu.

  • Apakah kelebihan yang ditawarkan
  • Fasilitas berpengaruh terhadap harga

Fasilitas adalah hal standar yang harus disediakan untuk memberikan kenyamanan pengguna kos-kosan. Mulia dari kos-kosan standar sampai kos-kosan eksklusif dengan fasilitas AC tentunya harga akan mengikuti. Tapi disini bukan itu ynag dimaksud, jadi apa yang kos-kosan anda tawarkan. Misalnya, untuk harga kost-kosan standar harga 500 hanya hanya ada falitas tempat tidur busa, lemari dan meja belajar. Tapi dalam kos-kosan anda memberikan fasilitas lebih untuk harga yang sama misalnya ada tempattidur dan ranjang,selimut beserta bantal guling, lemari,meja dan kipas angin tentunya penyewa akan memilih tempat kos-kosan anda.

  • Jarak

Tentunya jarak antara kos-kosan dengan tempat tujuan berupa kos-kosan atau kantor menjadi pertimbangan utama. Seberapa jauh kos-kosan yang anda punya dengan jarak tetunya akan mempengaruhi harga. Semakin dekat tentunya akan semakin mahal harganya.

Disini PT. EMKA ARCHITECT GROUP sebagai perusahaan kontraktor kos eksklusif, hotel, apartemen di Jogja bisa membantu anda dalam membangun bisnis kos eksklusif. Dengan pengalaman selama 20 tahun, PT. EMKA ARCHITECT GROUP sudah berhasil membangun kos eksklusif diberbagai tempat di Jogja sehingga bisa menjadi partnership dalam membangun dan mengelola kos eksklusif anda dan keuntungan pun bisa maksimal. Tidak hanya kos eksklusif PT. EMKA ARCHITECT GROUP juga bisa membantu anda untuk pembangunan apartemen dan hotel. Langsung saja kunjungi kantornya di jln. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Yogyakarta.

Sumber : www.simplyhomy.com

Bagikan Via

Comments