PERKUATAN PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT DI TENGAH KERAWANAN GEMPA

kontraktor jogja

Bangun Bersama PT. EMKA ARCHITECT GROUP mengerjakan Bangunan Baru mulai dari perencanaan dan pelaksanaan. melayani jasa kontraktor bangunan atau pelaksanaan pembangunan termasuk jasa kontraktor bangunan di Jogja. Kontraktor rumah tinggal, Kontraktor villa, Kontraktor rumah kost, Kontraktor ruko, Kontraktor rukan, Kontraktor gudang / pabrik, Kontraktor town house dan bangunan lainnya.berpengalaman di berbagai proyek di jogja dan sekitarnya, melayani seluruh wilayah di jogja dan seluruh wilayah di Indonesia.

Kekuatan struktur juga merupakan faktor yang mempengaruhi ketahanan bangunan terhadap gempa. Semua komponen bangunan sejak dari pondasi, kolom, balok, dinding, rangka atap dan atap harus tersambung menjadi satu kesatuan. Sehingga, bila digoncang gempa, bangunan akan bergetar sebagai satu kesatuan.

Penyebab lain adalah daktilitas. Ini merupakan kemampuan struktur untuk mengalami lendutan yang besar tanpa mengalami keruntuhan. Suatu struktur akan tahan terhadap gempa, bila keseluruhan struktur bangunan mempunyai daktilitas yang tinggi. Daktilitas ini, terutama diperlukan untuk bangunan yang akan mengalami lendutan besar kalau digoncang gempa: gedung bertingkat banyak. Sehingga, pada bangunan dengan tingkat banyak, selain kekuatan juga diperlukan daktilitas.

Kemudian, faktor pondasi juga berpengaruh besar terhadap keamanan gedung dari gempa. Bangunan yang kuat pada bagian atas, kadang-kadang mengalami kegagalan karena pondasinya tidak kuat. Likuifaksi dan perbedaan penurunan pondasi, dapat membuat gedung miring, retak, bahkan hancur.

Demikian juga soal mutu bahan maupun mutu pengerjaan. Mutu bahan dan pengerjaan yang rendah, jelas menjadi penyebab umum kerusakan bangunan. Bukan saja gedung bertingkat, bahkan juga termasuk rumah sederhana.

peningkatan kekakuan dan atau kekuatan, peningkatan daktilitas, peningkatan energi dispasi, merubah karakter gerakan tanah dengan menggunakan ‘base isolation’ serta merubah peruntukan bangunan.

Untuk mengukur bangunan bertingkat mana yang masih bisa diperkuat dan diperbaiki, diperlukan kajian teknik konstruksi oleh ahli. Untuk itu, perkuatan dan perbaikan yang kini mayoritas dijalankan sendiri-sendiri oleh pemilik gedung.

Sumber : http://www.rumahamangempa.info/isi/artikel/perkuatan-gedung-bertingkat-di-tengah-kerawanan-gempa

PT. EMKA ARCHITECT GROUP membangun dengan aman dan nyaman. Desain, material dan pekerjaan keseluruhan disesuaikan dengan budget yang tersedia. Mendapatkan gambar facade 3D dan layout 2D. Memiliki tim kantor pusat dan lapangan yang professional, ijin usaha yang lengkap, memberikan sertifikat garansi konstruksi dan maintenance. Serta menjamin proyek sesuai dengan spesifikasi.

Bagikan Via

Comments