Mengenal Konsep Pembangunan Modular pada Apartemen

PT EMKA Architect Group merupakan perusahaan KONTRAKTOR DI JOGJA yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat. Menjadi KONTRAKTOR Jogja yang berpengalaman lebih dari 20 tahun, menjadikan PT EMKA Architect Group bukan hanya sekedar melayani pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll namun juga mengkonsep matang Bangunan yang anda impikan oleh tenaga professional kami serta menyuguhkan Pembangunan yang layak anda idamkan dan ramah lingkungan.

Pernahkah Anda melihat sebuah bangunan yang menjulang tinggi namun tidak selesai dibangun? Ya, pemandangan itu cukup umum ditemui di Jakarta. Banyak yang menyayangkan proyek-proyek mangkrak seperti itu karena selain membuang sumber daya baik itu dana dan lahan, bangunan yang belum jadi juga merusak pemandangan.

Apa yang terjadi bila ternyata bangunan mangkrak itu adalah apartemen? Bayangkan, berapa banyak unit yang seharusnya bisa menampung masyarakat Jakarta, menjadi terbuang sia-sia. Bangunan yang mungkin bisa menjadi pilihan tempat tinggal itu pun tinggal menjadi rencana belaka.
Apartemen Sistem Modular

Namun, jangan khawatir. Kini, semua itu sudah bisa ditangani dengan konsep pembangunan modular. Konsep pembangunan ini diperkenalkan oleh seorang kontraktor dari Chicago, Amerika Serikat, bernama Skender. Ia saat ini sedang mengerjakan sebuah proyek pembangunan apartemen dengan model konstruksi modular.

Sebenarnya, apa itu konsep pembangunan modular dan mengapa ia bisa menjadi metode terobosan dalam pembangunan apartemen?

Modular sendiri diambil dari kata “Modul”, yang secara teknis artinya sebuah bagian yang sudah jadi dan bisa digabungkan dengan bagian lain membentuk sesuatu yang lebih besar lagi. Jadi, konsep pembangunan modular adalah konsep di mana setiap unitnya tidak dibangun bersamaan dengan kerangka gedung. Jadi, kerangka gedung akan dibuat terlebih dahulu sebelum unitnya ada.

Lantas, bagaimana pembangunan unitnya dilakukan? Unit-unit apartemen akan dibangun di sebuah lokasi yang terpisah. Nantinya, setelah unit selesai dibangun, barulah unit apartemen itu diangkut dan ditambahkan ke dalam rangka gedung apartemen yang sudah jadi. Menarik, bukan? Konsep pembangunan modular ini memang akan membuat pembangunan selayaknya membangun sebuah mainan rumah-rumahan.
Apartemen Sistem Modular

Namun, jangan meremehkan konsep ini. Walaupun terkesan unik dan lucu, pembangunan ini ternyata memiliki efisiensi yang cukup serius. Menurut Skender, konsep pembangunan modular akan memotong biaya sebesar 15% secara keseluruhan. Selain itu, karena pengerjaan rangka gedung dan unit apartemen bisa dibuat bersamaan, maka waktu pengerjaan bisa menjadi lebih cepat sebesar 40%.

Pembangunan ini pun diyakini bisa menguntungkan pihak pengembang. Dengan menggunakan konsep ini, maka tak ada lagi susunan pekerjaan yang bertumpuk-tumpuk di sebuah proyek pembangunan. Tak ada lagi kontraktor, sub kontraktor, dan lain sebagainya. Semua akan dibuat menjadi lebih sederhana.

Skender sendiri merujuk pada apa yang sedang dilakukannya. Untuk membangun sebuah apartemen berkonsep modular, Skender mengaku ia hanya perlu menyewa 10 arsitek untuk merancang setiap unitnya. Setelah rancangan jadi, satu unit apartemen pun siap untuk dibuat. Pembuatannya mudah karena dilakukan di dalam pabrik, berbeda dengan unit apartemen yang dibuat langsung di gedung. Ada banyak sub kontraktor yang dibutuhkan untuk membuat satu unit saja, termasuk sub kontraktor yang memahami cara membangun di area tinggi.

Pembangunan apartemen modular ini memang belum menjadi rencana konkrit di Indonesia. Namun, bila sampai terealisasikan, maka pembangunan apartemen menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Pembangunan pun bisa dilakukan dengan lebih cepat sehingga masyarakat bisa menikmati sebuah konsep hunian di pusat kota dengan segera tanpa menunggu terlalu lama sampai pembangunannya selesai.

Untuk mempermudah proses penjualan dan memudahkan calon penghuni, Skender juga menerapkan konsep full-furnished. Jadi, unit apartemen yang dibangun di pabriknya akan dilengkapi dengan berbagai furniture di dalam unitnya. Penghuni pun bisa langsung tinggal dan beraktivitas di dalam setelah melakukan pembelian dan penyewaan.

Disini PT EMKA Architect Group sebagai perusahaan KONTRAKTOR Villa, KONTRAKTOR Resort, KONTRAKTOR Restoran, KONTRAKTOR Rumah Hunian, KONTRAKTOR Apartemen, KONTRAKTOR Hotel, KONTRAKTOR Perumahan, KONTRAKTOR Gedung Bertingkat di Jogja bisa membantu anda dalam membangun bisnis anda. Dengan pengalaman kami selama 20 tahun, PT. EMKA ARCHITECT GROUP sudah berhasil membangun Berbagai macam dan bentuk bangunan mulai dari pembangunan villa, resort, restoran, apartemen, rumah, perumahan, hotel dll diberbagai tempat di Jogja dan sekitarnya sehingga bisa menjadi partnership dalam Proyek Pembangunan anda. tidak hanya itu PT. EMKA Architect Group juga bisa membantu anda untuk perizinan pendirian Bangunan dan pengelolaan.

Info lebih lanjut langsung saja hub : +6281246662228 / +6281246662229
no whatsapp : +6281229944671
atau bisa langsung kunjungi kantor office kami di jl. Ki Mangunsarkoro no 40 B, Gunung Ketur, Pakualaman, Yogyakarta.

Bagikan Via

Comments