2 AREA KOTA INI MENJADI TARGET INVESTASI BARU DI JOGJA

perusahaan kontraktor jogja terpercaya

Perkembangan Jogja di tahun 2018 yang semakin pesat pada akhirnya memang mengubah pola pengembangan investasi properti di wilayah tersebut. Jika sebelumnya investasi banyak dilakukan di Jogja Kota dengan pembangunan pusat belanja dan apartemennya, kini pelaku properti di sana mulai mengalihkan investasinya ke Sleman dan Kulonprogo. “Bicara soal Sleman, khususnya Sleman Barat, ada dua hal yang menjadi penunjang kenapa saat ini pelaku properti tertarik dengan Sleman Barat. Pertama, kontur tanah di Sleman Barat datar sehingga memungkinkan untuk pengembangan kawasan perumahan landed house.” Kedua, pastinya karena infrastruktur di Sleman Barat sudah sangat mendukung. Terlebih ke depannya Sleman Barat akan menjadi lokasi yang sangat strategis dengan akan dibangunnya jalan tol dari Jogjakarta ke Semarang. Dan Sleman Barat adalah salah satu lokasi yang rencananya di lewati jalan tol tersebut,” Wajar memang jika pada akhirnya terjadi peningkatan harga tanah yang cukup signifikan pada daerah Sleman Barat.

Jika pada tahun 2013 – 2014 harganya masih berada di kisaran Rp600-800 ribu/m2. Kini di tahun 2018 harganya sudah berada di kisaran Rp2juta – 2,5 juta/m2. Atau ada peningkatan maksimal 250 persen. Dimana dua jenis properti yang banyak ditransaksikan adalah rumah kos-kosan dan rumah tinggal. Untuk rumah tinggal rata-rata harga yang saat ini banyak ditransaksikan berada di kisaran harga Rp500 – 700 juta. Sedangkan untuk kos-kosan yang banyak di cari adalah berada di kisaran Rp1 – 2 miliar dimana spesifikasi bangunannya adalah luas 125m2 dengan jumlah kamar 14 – 18 kamar.

BACA JUGA Ingin Bisnis Menguntungkan? Baca Dulu Ini

JIka Sleman Barat tengah menanti kenaikan harga lahan yang berdampak dari rencana pembangunan jalan tol, justru Kulon Progo saat ini sedang mengalami peningkatan harga lahan yang terus merangkak naik. Kondisi ini sebagai efek rencana Pemerintah Daerah yang akan mengalihkan lokasi Bandar Udara Adi Sutjipto ke Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya di Kawasan Pesisir (Selatan) Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Propinsi DI Jogjakarta. Sekalipun lahan yang digunakan untuk lokasi pembangunan bandara tersebut masih termasuk lahan milik Puro Pakualaman, namun hal itu tidak menurunkan minat para pelaku properti untuk ‘memanaskan’ harga lahan di sekitar lokasi Bandar udara Jogja yang baru.

Tercatat hingga tahun 2013 lahan di sekitar lokasi bakal bandara yang baru berada pada kisaran Rp300 ribu/m2. Padahal pada awal rencana pemerintah daerah memindahkan lokasi bandara harga lahan di sana masih Rp50-75ribu/m2 pada tahun 2009-2010. dan tahun ini maka kenaikan harga lahan di sekitar lokasi pembangunan bandara bisa diprediksi mencapai 900 persen (Rp50 ribu menjadi Rp500 ribu).

Bila Anda sudah mempunyai lahan di sleman atau kulonprogo dan membutuhkan kontraktor untuk ingin membangun rumah, kos atau hotel bisa percayakan bangunan anda kepada PT EMKA ARCITECT berpengalaman selama 15 tahun. BANGUN BERSAMA EMKA

Bagikan Via

Comments