PERBEDAAN JASA KONTRAKTOR DENGAN PEMBORONG

perusahaan kontraktor jogja terpercaya

Bingung dalam memilih penyedia jasa yang tepat untuk membangun atau merenovasi rumah Anda. Sebenarnya ada beberapa pilihan yang bisa Anda ambil untuk mengerjakan proyek rumah. Anda bisa menggunakan jasa kontraktor ataupun pemborong bangunan untuk proyek bangun atau renovasi rumah. Apa sebenarnya perbedaan yang signifikan dari kontraktor dengan pemborong dan apa saja pekerjaan yang mereka lakukan. Mari simak penjabaran berikut ini.

  • Ruang Lingkup Kontraktor

Jasa kontraktor memang lebih sering terdengar digunakan untuk proyek yang berskala besar, seperti pembangunan real estate, gedung perkantoran, mall atau pusat perbelanjaan. Salah satunya karena mereka merupakan badan usaha yang sudah memiliki sertifikasi atau lisensi resmi. Kelebihan memakai jasa kontraktor, yaitu pekerja di dalam kontraktor sudah memiliki lisensi dan sertifikasi resmi atas keahliannya. Sebagai contoh, untuk mengerjakan proyek bangunan atau gedung di atas sepuluh miliar, kontraktor harus memiliki minimal 2 orang tenaga ahli profesional yang memiliki SKA.

  • Sistem Pembayaran Kontraktor

Pada umumnya, cara yang digunakan untuk membayar jasa kontraktor adalah sistem termin (bertahap). Sistem termin di bagi menjadi empat tahap yang dibayar sesuai dengan progres proyek. Sebelum memulai proyek, umumnya Anda diharuskan untuk membayar uang muka atau down payment (DP) sebesar 20-30% dari nilai kontrak. Setelah memberikan DP, kontraktor akan memulai pekerjaan proyek Anda. Pada saat pekerjaan sudah mencapai 50%, maka pembayaran kedua akan dilakukan. Begitupun pembayaran berikutnya, sesuai dengan sistem termin yang telah disepakati oleh Anda dan kontraktor.

BACA JUGA Investasi Kost Eksklusif di Jogja

  • Ruang Lingkup Pemborong

Jasa pemborong terdiri dari pekerja yang sudah berpengalaman di bidang konstruksi bangunan rumah tinggal. Perbedaan yang biasanya paling menonjol dibandingkan jasa kontraktor adalah pemborong tidak memiliki izin usaha resmi dan tidak berbadan hukum. Jasa pemborong umumnya dikelola secara individu dan seringkali tidak ada kesepakatan hitam di atas putih, perjanjian yang dibuat lebih ke dalam kesepakatan secara lisan.

  • Sistem Pembayaran Per Hari

Jika Anda menggunakan jasa pemborong, Anda harus menetapkan kesepakatan atas besarnya upah pekerja setiap harinya sebelum proyek dimulai. Dalam pembuatan kesepakatan upah pekerja, Anda dapat menentukan frekuensi pembayaran. Sebelum proyek bangun atau renovasi rumah Anda dimulai, Anda juga harus memastikan jumlah bahan bangunan yang dibutuhkan agar pekerjaan tidak terganggu.

Untuk lebih merangkum perbedaan jasa kontraktor dengan pemborong. Anda dapat melihat tabel berikut ini.

Baik jasa kontraktor ataupun pemborong, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada umumnya, jasa kontraktor memang lebih mahal daripada pemborong karena dikerjakan oleh tenaga ahli berpengalaman dan berbadan hukum. Namun hal tersebut sebanding dengan keuntungan yang kita dapatkan dengan memakai jasa kontraktor dalam suatu proses pembangunan.

Informasi, pemesanan dan konsultasi, hubungi kami:

0274 – 543242

0274 – 589600

+6281390888151

+6281229944671

Head Office : Jln. Ki Mangunsarko 40 B, Yogyakarta

Marketing Office : Jln. Suryopranoto No. 34, Gunung Kentur, Pakualaman, Yogyakarta

Marketing Office : Jln. Argolubang No. 21 Baciro, Yogyakarta

investasi dijogja, investasi kost, investasi perumahan, pemborong di jogja, kontraktor di jogja, arsitek di jogja, perusahaan kontraktor di jogja

Head Office: Jln. Ki Mangunsarko 40 B, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

PROMO GRATIS :
Desain 3D, RAB, Gambar kerja…

1 Lantai 2.8 juta/meter
2 Lantai 3.2 juta/meter

BANGUN BERSAMA EMKA – PT. EMKA ARCHITECT GROUP

Bagikan Via

Comments