PENTINGNYA STRUKTUR BANGUNAN DALAM SUATU PROSES PEMBANGUNAN

Kuat dan Kokohnya bangunan sebuah rumah ditentukan oleh struktur bangunan itu sendiri, yang meliputi pondasi, beton kolom, sloof serta ring balk.

Berikut ini fungsi masing-masing jenisnya, yaitu

PONDASI

Pondasi adalah struktur bangunan bagian bawah yang berfungsi meneruskan gaya dari segala arah bangunan di atas ke tanah. Untuk itu pembuatan pondasi harus dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap berat pondasi itu sendiri, beban dan gaya luar seperti tekanan angin, gempa bumi, dan lain-lain.

BETON KOLOM

Beton kolom adalah balok beton bertulang yang berdiri tegak 90° pada setiap pertemuan dan sudut pasangan dinding yaitu bata merah, batako, hebel. Ukuran penampang beton kolom mengikuti ketebalan bahan dinding yang digunakan.
Fungsi kolom adalah memikul beban bangunan yang ada di atasnya. Jika sebuah rumah 1 lantai yang memiliki 30 tiang beton kolom, maka secara bersama-sama memikul beban atap. Semakin berat beban atap maka semakin berat tugas beton kolom memikul beban tersebut. Oleh karena itu ketika kita akan membangun sebuah rumah harus mempertimbangkan jenis tutup atap yang akan digunakan.

BETON SLOOF

Beton sloof adalah balok beton bertulang yang dipasang secara horizontal tepat di atas pondasi batu kali. Fungsi beton sloof adalah menerima beban yang dipikul oleh setiap kolom dan beban dinding kemudian membagikan beban tersebut secara merata ke permukaan pondasi.

BETON RING BALK

Ring balk atau beton bertulang adalah balok beton yang dipasang di bagian atas pasangan dinding. Ukuran penampang ring balk untuk rumah 1 lantai mengikuti ukuran bahan dinding seperti beton kolom. Fungsi ring balk beton adalah meratakan tumpuan beban rangka dan tutup atap dan meneruskannya ke setiap ujung beton kolom.

Informasi, pemesanan dan konsultasi, hubungi kami:

0274 – 543242

0274 – 589600

PT. EMKA ARCHITECT GROUP

Head Office: Jln. Ki Mangunsarko 40 B, Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

PROMO GRATIS :
Desain 3D, RAB, Gambar kerja…

1 Lantai 2.9 juta/meter
2 Lantai 3.3 juta/meter

BANGUN BERSAMA EMKA – PT. EMKA ARCHITECT GROUP

Bagikan Via

Comments