PROSES PELAKSANAAN PEMBANGUNAN GEDUNG

Ada beberapa tahapan-tahapan dalam pelaksanaan perencanaan suatu gedung. Tahapan pelaksanaan proyek ini harus disusun sedemikian rupa mulai dari pengerjaan awal hingga finishing. Tahapan-tahapan dan berapa lama pengerjaan proyek tersebut disusun dahulu sebelum pelaksanaan, sehingga proyek tersebut dapat berjalan sesuai rencana dan tepat waktu.

Tahapan-tahapan proses pembangunan gedung, antara lain yaitu

  • Pekerjaan Pembersihan
    Pengerjaan dimulai dari pembersihan lapangan dan pemerataan permuakaan tanah seperti yang telah direncanakan. Bahkan kalau perlu dilakukan pengerukan, setelah itu tanah dipadatkan.
  • Pekerjaan Pondasi
    Setelah tanah bersih dan rata, dilanjutkan kemudian dengan pemancangan tiang pondasi, yang biasa disebut dengan Tiang Pancang. Proses pemancangan ini harus sangat diperhatikan, karena saat proses pemancangan, dapat terjadi berbagai kesalahan.
  • Pekerjaan Struktur Atas
    Setelah pekerjaan struktur bawah, yaitu pemancangan selesai, dilanjutkan kembali dengan pengerjaan bagian struktur atas. Struktur atas terdiri dari kolom, balok dan pelat. Dalam proses pengerjaan kolom, hal yang pertama dilakukan adalah pengerjaan tulangan-tulangan kolom seperti yang telah didisain. Sebelum pengecoran kolom, terlebih dahulu dibuat bekisting yang dibentuk seperti kolom sehingga beton dapat dicor di dalamnya. Bekisting harus dibuat kokoh dan kuat, sehingga hasil cor-an diperoleh dengan baik dan bentuk kolom sesuai perencanaan.
  • Pekerjaan Finishing
    Jika struktur telah berdiri kokoh, baru dapat dilanjutkan dengan pengerjaan finishing, yaitu pengerjaan dinding, elektrikal dan sanitasi, pemasangan keramik, pengecatan dan sebagainya. Namun, pengerjaan finishing inilah yang membutuhkan waktu paling lama, karena pengerjaannya harus hati-hati sehingga didapat bentuk yang rapi dan sesuai perencanaan.

PT. EMKA ARCHITECT GROUP adalah suatu perusahaan penyedia jasa kontraktor dan arsitek terpercaya di Yogyakarta yang telah berpengalaman sejak tahun 1998.

Informasi, pemesanan dan konsultasi, hubungi kami:

0813 9088 8151

0274 – 543242

0274 – 589600

PT. EMKA ARCHITECT GROUP

Head Office: Jln. Ki Mangunsarko 40 B, Yogyakarta

Marketing Office: Jln. Suryopranoto No. 34, Gunung Kentur, Pakualaman, Yogyakarta

Marketing Office: Jln. Argolubang No. 21 Baciro, Yogyakarta

PROMO GRATIS :
Desain 3D, RAB, Gambar kerja…

1 Lantai 2.9 juta/meter
2 Lantai 3.3 juta/meter

BANGUN BERSAMA EMKA – PT. EMKA ARCHITECT GROUP

Bagikan Via

Comments