PEMBANGUNAN PERUMAHAN

Perumahan adalah sekelompok bangunan rumah yang dibangun bersamaan sebagai sebuah pengembangan tunggal. Bentuknya bervariasi di negara-negara manapun. Perumahan biasanya dibangun oleh seorang kontraktor tinggal dengan hanya beberapa gaya rancangan rumah atau bangunan, sehingga penampilannya menjadi seragam.

Saat ingin mendirikan perumahan, pasti membutuhkan anggaran dana. Dengan mengkalkulasi perhitungan dana dengan cermat, maka tak perlu takut proses pembangunan berhenti di tengah jalan. 

Di samping itu, banyaknya anggaran juga dipengaruhi dari tipe dan model perumahan yang dibangun. Maka dari itu ada beberapa persiapan yang harus dicermati sebelum membangun perumahan. Persiapan itu antara lain, yaitu

  • Tetapkan Budget

Kalkulasikan dengan cermat berapa biaya yang sanggup dikeluarkan. Tentunya besaran biaya ini juga memperhitungkan penggunaan jasa kontraktor atau borongan.

BACA JUGA Metode Pelaksanaan Pembangunan Warehouse

  • Spesifikasi Perumahan

Tentukan sejak awal perumahan model apa yang hendak dibangun. Model rumah ini akan mempengaruhi penggunaan material dan spesifikasinya.

  • Susun Gambar Rencana Bangunan

Minta bantuan arsitek untuk mewujudkan perumahan impian Anda.

  • Urusan IMB

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) mutlak harus dikantongi agar di kemudian hari bangunan tak disegel saat proses pembangunan.

  • Pilih kontraktor

Carilah kontraktor yang kompeten sekaligus berpengalaman dalam hal pembangunan perumahan.

Berikut ini tahapan pekerjaan pembangunan rumah secara garis besar, antara lain, yaitu

  • Pekerjaan awal

Tahapnya adalah pengukuran untuk menentukan posisi bangunan dan batas-batasnya. Selain itu juga mencakup penggalian kemudian mengurug lagi pondasi dan lantai bangunan.

  • Pekerjaan pondasi

Item pekerjaannya mencakup pemasangan pondasi dengan batu kali untuk bangunan rumah. Selain itu di sini juga termasuk pekerjaan pembuatan lantai

  • Pekerjaan stuktur

Item ini meliputi pengerjaan sloof (balok beton bertulang mendatar yang dibuat diatas pondasi) kemudian pembuatan kolom yang merupakan tiang tegak lurus terhadap sloof.

  • Pekerjaan dinding

Kebutuhan bata bisa dihitung dari keliling dinding dikalikan dengan tinggi dinding. Pekerjaan lainnya adalah plesteran. Terakhir adalah acian yang luasnya sama dengan perhitungan plesteran.

  • Pekerjaan kusen, pintu, dan jendela

Pemasangan kusen-kusen pada sisi-sisi dinding tertentu untuk akses keluar masuk. Kayu-kayu itu dilapisi politur maupun cat agar awet. Lalu termasuk pula pengerjaan pemasangan kunci.

  • Pekerjaan rangka atap

Cakupan pekerjaannya berupa pemasangan rangka atap dan pemasangan genteng beserta aksesories-nya. Rangka atap bisa dipilih dari baja ringan maupun kayu.

  • Pekerjaan plumbling, mekanikal dan elektrikal

Item pekerjaannya adalah pemasangan toilet, wastafel, bath up, pemanas air, kran. Kemudian pemasangan jaringan kabel listrik, kotak sekring, saklar, titik-titik lampu penerangan, dan sejenisnya.

  • Pekerjaan finishing

Di sini itemnya berupa pemasangan material lantai baik ruangan dan teras. Termasuk juga dinding-dinding tertentu seperti dapur maupun kamar mandi. Kemudian juga pekerjaan finishing kusen, pintu, dan jendela lewat pelapisan politur atau cat agar awet dan menambah keindahan bangunan. Di sini juga termasuk pengecatan tembok baik eksterior maupun interior.

PT. EMKA ARCHITECT GROUP adalah suatu perusahaan penyedia jasa kontraktor dan arsitek terpercaya di Yogyakarta yang telah berpengalaman sejak tahun 1998.

Informasi, pemesanan dan konsultasi, hubungi kami:   

0813 9088 8151

0274 – 543242

0274 – 589600

PT. EMKA ARCHITECT GROUP

Head Office: Jln. Ki Mangunsarko 40 B, Yogyakarta                                                                                          

Marketing Office: Jln. Suryopranoto No. 34, Gunung Kentur, Pakualaman, Yogyakarta

Marketing Office: Jln. Argolubang No. 21 Baciro, Yogyakarta

 

PROMO GRATIS :
Desain 3D, RAB, Gambar kerja…

1 Lantai 2.9 juta/meter
2 Lantai 3.3 juta/meter

BANGUN BERSAMA EMKA – PT. EMKA ARCHITECT GROUP

 

Bagikan Via

Comments