PEMBANGUNAN MALL DI JOGJA

Saat ini, semakin banyak mall yang dibangun di Jogja, atau bahkan di seluruh Indonesia. Proses desain dan perencanaan mall adalah cetak biru dari struktur bangunan mall dan merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam proses pembuatan mall.

Sebuah konsep desain mall dikatakan harus “custom made” atau dalam artian dibuat khusus berdasarkan kebutuhan dan keinginan dari ritel tertentu. Pengembang harus mempunyai proses pemikiran yang jelas dan visi apa yang ingin dibuat dan untuk siapa itu dibuat. Maka, dalam hal ini meminta bantuan profesional seperti arsitek sangat dianjurkan.

Memahami kebiasan pelanggan dan ekspetasi pelanggan juga merupakan faktor yang sangat penting dalam desain mall. Mall yang efisien adalah mall yang dapat menghubungkan pelanggan dengan banyak titik masuk, seperti ke tempat parkir mobil yang nyaman dan cukup, atau ke tempat khusus pejalan kaki.

Dalam hal pengaturan lantai mall, sebagian besar mall di Jogja mempunyai pengaturan lantai yang hampir sama. Lantai pertama biasanya diisi oleh retail merek-merek terkenal dan mahal. Lantai-lantai di atasnya biasanya dikategorikan berdasarkan produk yang dijual, seperti misalnya lantai khusus pakaian wanita, lantai khusus pria, lantai khusus anak-anak, dan lain sebagainya. Sedangkan, bioskop biasanya selalu berada di lantai paling atas karena membutuhkan ruangan bebas kolom atau tiang yang cukup luas.

 

Menggunakan Jasa Profesional yang Tepat

Seorang profesional seperti contohnya kontraktor yang berpengalaman dan arsitek yang mengerti tentang desain mall yang baik akan menggunakan keahlian serta pengalamannya dalam membuat sebuah mall. Tujuan dari meminta bantuan tenaga ahli ini adalah mereka akan memberikan kita pemikiran yang jelas mulai dari proses desain awal hingga mall dibuka.

Konsep yang Jelas

Konsep yang jelas sangat penting saat ingin membuat mall. Sebelum mulai membangun Anda sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu. Seperti kondisi lahan dan ukuran lahan. Semua hasil survey ini akan berguna untuk menentukan desain, ukuran mall atau bahkan penempatannya. Arsitek memegang peran paling penting dalam pembuatan desain mall. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mengkomunikasikan desain Anda dengan arsitek.

Memilih Arsitek yang Sesuai

Pastikan arsitek yang Anda pilih untuk proyek mall adalah seseorang yang tidak hanya memiliki pemahaman mendalam mengenai arsitektur ritel, tetapi juga harus paham mengenai tren pasar, kebiasaan belanja masyarakat, dan lainnya. Berhati-hatilah dalam proses pemilihan arsitek, karena arsitek adalah orang yang bertanggung jawab dengan proyek Anda dari awal hingga selesai.

PROMO GRATIS :
Desain 3D, RAB, Gambar kerja…

1 Lantai 2.9 juta/meter
2 Lantai 3.3 juta/meter

BANGUN BERSAMA EMKA – PT. EMKA ARCHITECT GROUP

 

 

 

Bagikan Via

Comments