PEMBUATAN BANGUNAN STRUKTUR 4 LANTAI

Struktur bangunan pada umumnya terdiri dari struktur bawah dan struktur atas. Struktur bawah yang dimaksud adalah pondasi dan struktur bangunan yang berada di bawah permukaan tanah, sedangkan yang dimaksud dengan struktur atas adalah struktur bangunan yang berada di atas permukaan tanah seperti kolom, balok, plat, tangga. Setiap komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda di dalam sebuah struktur. Suatu bangunan gedung beton bertulang yang berlantai sangat rawan terhadap keruntuhan jika tidak direncanakan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan struktur yang tepat dan teliti agar dapat memenuhi kriteria kekuatan, kenyamanan, keselamatan dan umur rencana bangunan.

Tahap-tahap pekerjaan struktur bangunan 4 lantai, yaitu

  • Persiapan

Pada pekerjaan persiapan , meliputi survei keadaan di lapangan yang akan dibangun gedung yaitu (1) Pembersihan lahan, seperti mencabut rumput dan menghilangkan atau menebang pohon yang mungkin menjadi penghalang.  (2) pembuatan pagar pengaman, dibuat dengan mengelilingi area yang akan digunakan untuk proyek. (3) Penentuan as dan peil bangunan. (4) pemasangan bouwplank, merupakan papan-papan yang dipasang di sekitar pekerjaan

  • Pekerjaan Tanah

Pekerjaan tanah yaitu melaksanakan pekerjaan dari rencana proyek yang sedang dilaksanakan di area lahan, pekerjaan tanah meliputi : (1) galian tanah pondasi, pada galian pondasi untuk bangunan bertingkat/gedung tinggi yaitu dengan galian yang dalam. (2) urugan pasir. (3) urugan tanah, yaitu mengurug tanah kembali setelah pasangan pondasi selesai dipasang.

  • Pekerjaan pondasi

Bagian yang paling mendasar dari suatu bangunan yakni pondasi. Dalam ilmu bangunan dan realita pekerjaan bangunan memiliki jenis-jenis pondasi yang harus disesuaikan dengan bangunan yang akan dibuat. Jenis-jenis pondasi antara lain : (1) pondasi dangkal : pasangan batu kali, pondasi ceker ayam, pondasi umpak , pondasi batu bata. (2) Pondasi dalam : pondasi tiang pancang, pondasi tiang franki, pondasi tiang injeksi, pondasi tiang bor. Namun pada umumnya, penggunaan pondasi untuk bangunan atau gedung dengan lebih dari 4 lantai digunakan pondasi tiang pancang. Pada artikel ini membahas pembangunan gedung bertingkat seperti pada gambar di atas.

  • Pekerjaan Beton Bertulang

Sangat difokuskan pada pekerjaan beton bertulang, dalam proyek gedung bertingkat dengan 4 lantai. Mulai dari pondasi tiang pancang, tiang pancangnya yang sudah terbuat dari beton bertulang maka dengan itu membuat konstruksi pondasi sangat kokoh, selanjutnya untuk kolom dan balok-balok pada konstrusi bagian atas pondasi.

  • Pekerjaan dinding

Gedung pencakar langit pada saat-saat ini menggunakan dinding kaca, namun dinding seperti batu-batu diganti dengan beton tumbuk ringan, beton tumbuk ringan ini lebih efisien memiliki kualitas yang cukup baik dan beratnya yang ringan memudahkan pengangkutan material.

  • Pekerjaan Kusen, Pintu dan Jendela

Untuk pekerjaan ini, sebuah proyek gedung tidaklah menggunakan kusen, pintu dan jendela yang digunakan untuk rumah pada umumnya. Pintu pada gedung bertingkat biasanya menggunakan kaca bening tebal sesuai kegunaanya, dan pintu alumunium. Kusen pintu dan kusen jendela juga tidak terbuat dengan kayu seperti pada bangunan rumah biasa. Jendela dibuat dan ditempatkan dengan menentukan letak fungsi dan memperhatikan keadaan pemandangan.

  • Pekerjaan atap

Untuk sebuah gedung bertingkat dengan 4 lantai, seperti pada gambar di awal tidaklah dengan atap-atap seperti biasanya yakni genting, sirap, asbes, maupun seng. Demi memberi kesan megah, kaca juga dapat dijadikan untuk atap. Kaca yang sebaiknya digunakan memiliki ketebalan minimal 12 mm, misalnya  dengan menggunakan jenis kaca tempered atau laminated.

Dari ke delapan tahap pekerjaan pada proyek gedung bertingkat secara inti, bangunan sudah mencapai tahap penyelesaian. Namun dalam sebuah gedung bertingkat tidaklah hanya bagian-bagian pekerjaan manual itu saja, terdapat unsur-unsur pendukung seperti fasilitas untuk mempermudah penjangkauan dengan banyak lantai bertingkat, maka digunakanlah lift, bisa saja dengan eskalator dan unsur pendukung lain

PROMO GRATIS :
Desain 3D, RAB, Gambar kerja…

1 Lantai 2.8 juta/meter
2 Lantai 3.2 juta/meter

BANGUN BERSAMA EMKA – PT. EMKA ARCHITECT GROUP

Bagikan Via

Comments