PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT

Pembangunan gedung bertingkat pada zaman itu sangatlah tidak mudah dengan belum diciptakannya komputer sebagai alat bantu manusia dalam mengerjakan pekerjaan seperti mendesain dan menghitung. Namun dengan gambar desain gedung manual oleh arsitek-arsitek yang handal dan perhitungan oleh para insinyur yang teliti dapatlah tercipta gedung yang kokoh, proporsional dan memenuhi sebagai fungsinya.

Pada saat ini memasuki zaman globalisasi yang memoderenkan tiap-tiap pembangunan dan bentuk-bentuk gedung bertingkat. Pembangunan gedung bertingkat saat ini ditekankan tidak pada fungsinya saja melainkan pada keindahaan bentuk gedung dan kualitas kekuatan gedung tersebut. Dibangunnya gedung bertingkat dengan keindahaan dan kualitas kekuatannya dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan saat-saat ini seperti perkantoran, bisnis, pemerintahan, fasilitas publik seperti mall, stasiun, bandara dll. Dengan gedung bertingkat, keadaan ruang untuk membuat orang banyak tak perlu memiliki lahan luas, cukup dengan menambah lantai di atas lantai satu dan seterusnya.

Tahap pelaksanaan pekerjaan menentukan hasil gedung yang direncanakan oleh pihak perencana. Sebelum kita membahas tahap-tahap pelaksaan pembangunan gedung bertingkat, kita lebih dulu mengenal pihak-pihak yang aktif dalam pelaksanaan proyek itu. Pihak di antaranya yaitu

  • Konsultan proyek
  • Koordinator dan para pelaksana
  • Pihak pemilik (owner) jika diperlukan
  • Pihak perencana atau arsitek jika diperlukan

Proses atau tahapan pelaksanaan pekerjaan proyek, yaitu

  • Tahap Persiapan dan Pekerjaan Awal

Tahap persiapan merupakan tahap dimana mempersiapkan perlengkapan dasar seperti penyediaan air, sarana gudang, kantor administrasi, kemudian papan nama proyek dan perlengkapan pendukung lainnya. Semua persiapan awal diselesaikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pekerjaan struktur gedung.

  • Proses Pekerjaan Struktur Bangunan

Pada masa ini kontraktor melaksanakan proses pembangunan sesuai dengan yang di rencanakan oleh konsultan perencana. Dalam pengerjaan akan diawasi oleh konsultan pengawas secara berkala agar semua detail yang di cantumkan dalam dokumen di laksanakan dengan baik dan benar.

Pembangunan di mulai dari struktur bawah terlebih dahulu secara bertahap kemudian akan berlanjut ke bagian atas. Jenis pekerjaan ini sangat banyak jika di uraikan satu persatu. Secara ringkas untuk bagian bawah struktur meliputi, yaitu

  • Pembersihan lokasi bangunan gedung
  • Pekerjaan pondasi
  • Tie beam dan lain sebagainya

Selanjutnya pekerjaan pada portal struktur bagian atas dikerjakan dengan sangat teliti oleh ahlinya. Di sini terdapat banyak sekali detail yang harus di jelaskan, seperti pekerjaan pengukuran, pemasangan bekisting dan lain sebagainya.

  • Periode Perawatan Bangunan

Setelah serah terima biasanya masih ada tahap perawatan bangunan dengan waktu sesuai dengan perjanjian. Hal ini bertujuan untuk meneliti dan memastikan bahwa struktur yang di buat telah memenuhi spesifikasi yang di tetapkan.

PROMO GRATIS :
Desain 3D, RAB, Gambar kerja…

1 Lantai 2.8 juta/meter
2 Lantai 3.2 juta/meter

BANGUN BERSAMA EMKA – PT. EMKA ARCHITECT GROUP

Bagikan Via

Comments