5 Tips Bangun Kos-kosan yang Menguntungkan di Jogjakarta

5 Tips Bangun Kos-kosan yang Menguntungkan

5 Tips bangun Kos-kosan yang menguntungkan di Jogjakarta setelah membaca judul diatas, mungkin  di benak anda mengatakan inilah investasi yang anda mimpikan tapi belum terlaksana karena alasan terkendala modal dan lahan, Ada juga yang memikirkan bahwa ini adalah investasi anti bangkrut.  kali ini saya sajikan mengenai gurihnya bisnis kos-kosan.

fix 8 (FILEminimizer)

Ada 5 Tips Bangun kunci yang harus di pertimbangkan saat akan memulai kos-kosan

1. dengan menentukan Sumber Modal

Sumber dana untuk modal dalam membangun kos-kosan atau kontrakan dari bersumber milik sendiri, join partner atau dari pinjaman modal. Uang atau modal dapat dari milik anda sendiri baik dari usaha, warisan, menabung ataupun hasil penjualan property lainnya, bila masih belum ada modalnya ataupun uangnya saran saya biarkan rencana ini, dan kita menabung atau memanfaatkan sumber lain. Selain sebagai investasi kos-kosan atau juga kontrakan juga bisa dijadikan bisnis jangka panjang.

2. kedua adalah Pilih Lokasi yang Strategis

Untuk lokasi haruslah disesuaikan dengan target dari penyewa anda, Untuk hal ini berdasarkan pembicaraan dengan penyewa rumah kontrakan  dan ketika berkunjung ke kos-kosan teman, untuk hal ini juga erat kaitannya dengan target dari penyewa kontrakan atau kos kosan kita. Kos-kosan baik kalangan mahasiswa atau pegawai kantoran pun bahkan pedagang kaki lima kebanyakan mereka menginkan kos-kosan atau kontrakan nyaman dan  tidak bising serta  tidak terlalu padat lingkungannya. Jika target adalah mahasiswa baiknya bangunlah kos-kosan jangan terlalu mewah, karena para mahasiswa yang umumnya memilih yang sederhana. Dan target pegawai kantoran kebanyakan sedikit berbeda dari lingkungan dan juga bangunan, lingkungan biasanya jenis target ini memiilih tenang karena sangat penting untuk mereka dalam beristirahat selesai bekerja seharian dengan tenang.

3. dengan target penyewa yang tepat

Investasi kos-kosan ataupun kontrakan ini sangatlah mirip dengan bisnis lainnya, yaitu  membutuhkan target konsumen ,bedanya kita hanya dengan lebih singkat dan dengan mudah menentukan targetnya. Seperti yang kita bahas diatas pada point tepat memilih lokasi, target kita adalah Kelompok Pelajar mahasiswa,pedagang seperti pedagan kaki lima, dan Pegawai kantoran.

4. Desain

Semakin luas kamar, semakin banyak fasilitas maka akan semakin mahal harga sewa sebuah kamar kos. Sesuaikan desain kamar dengan luas bangunan dan perhatikan kenyamanan penyewa.

5. Faktor keamanan

Baik dari luar maupun dari dalam adalah faktor utama yang sangat penting untuk kelangsungan rumah kos. Jika sekali dikenal tidak aman, rumah kos akan langsung kehilangan pelanggan dan mempunyai citra yang buruk. Untuk mengatasi ancaman keamanan dari luar, rumah kos disarankan memiliki penjaga kos serta membuat peraturan-peraturan bagi penyewa kos agar tidak mengganggu lingkungan. Contohnya seperti : tidak menyalakan musik terlalu keras, tidak menerima tamu diatas pukul 22.00, dan sebagainya. Sedangkan untuk faktor keamanan dari dalam, pemilik kos harus menyeleksi calon penghuni kos agar tempat kosnya tidak menjadi sarang narkoba, tempat pelacuran dan sebagainya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meminta kartu identitas calon penghuni dan melapor keberadaan calon penghuni pada ketua RT setempat.

Trimakasih Talah membaca artikel ini

Jika anda belum memilik izin mendirikan bangunan bisa juga baca  Cara Membuat Ijin Mendirikan Bangunan ( IMB )

 

Bagikan Via

Comments