Coba Bandingkan Lebih Murah Bangun Rumah Atau Beli Rumah.

beli-rumah-atau-bangun-rumah

Bangun rumah atau beli rumah ?

Tentu hal itu merupakan sebuah pilihan yang kadangkala membuat kita bingung, apa lagi jika Anda sudah berkeluarga memiliki tempat tinggal merupakan sebuah kebutuhan pokok.

Memiliki rumah hunian sendiri tentunya jadi impian setiap orang di bumi, dibandingkan harus menyewa yang setiap bulan harus membayar sewaan, rumah sendiri jauh lebih nyaman, memiliki rumah sendiri juga jauh lebih hemat dibandingkan menyewa. Coba Bandingkan Lebih Murah Bangun Rumah Atau Beli Rumah?

Bangun rumah atau beli rumah,  keduanya pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ketika anda memutuskan untuk memilih membeli rumah jadi, terutama anda tidak perlu repot-repot memikirkan soal tanah, perijinan, biaya material,tukang, dll.

Tapi ketika anda Memilih untuk memutuskan membangun rumah sendiri tentu harus setidaknya sudah memiliki tanah terlebih dahulu, menentukan desain, membuat estimasi anggaran biaya rumah ( RAB) dan lainnya. tapi bagi yang membangun sendiri rumahnya ada kepuasan tersendiri yang didapat.

1. Membangun Rumah

Pertama : sudah pasti Anda tidak perlu terikat dengan jadwal pembayaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR), karena pembangunan rumah ditentukan oleh biaya Anda sendiri. Keuntungan kedua anda dapat mendesain rumah sendiri baik itu exterior maupun interior ruang-ruang dalam rumah sesuai keinginan Anda. Budget dan jenis material bisa dapat anda sesuaikan sendiri dan Juga jangka waktu penyelesaian rumah bisa Anda atur sendiri sesuai kebutuhan.

Perhitungan Biaya Membangun Rumah

Setiap wilayah di Indonesia harga permeter berbeda-beda. kami memperhitungkan biaya bangun rumah untuk wilayah Jogjakarta.

Kita asumsikan ;
Tanah seluas 113 meter persegi. Luas bangunan 113 meter persegi.  Harga permeter kulitas standar bangunan 3 juta/meter dengan bangunan 2 lantai (Biaya ini sudah termasuk ongkos desain gambar dan pengerjaan tukang )
Total biaya membangun rumah Rp 407.6 Juta

design-rummah-bapak-arief-wicaksana

2. Membeli Rumah.

Keuntungan beli rumah dari developer

Seperti yang saya sudah jelaskan di atas pertama: Anda tidak perlu repot mencari tanah. kedua: Anda bisa memperoleh KPR ( Keredit Pemilikan Rumah ) dari bank dan mendapatkan infrastruktur serta fasilitas sudah tersedia.

Kekurangan beli Rumah dari developer

Pertama:Sudah dipastikan harga lebih mahal karena developer mengambil keuntungan.

Perhitungan Biaya Membeli Rumah

Perbandingan Sementara harga rumah baru yang akan dibandingkan adalah sebuah rumah di daerah jogja dengan luas tanah, luas bangunan dan spek yang sama yang sudah anda baca diatas.
Spesifikasi rumah ini memiliki luas tanah 115 meter persegi dan luas bangunan 113 meter persegi. Fasilitas rumah terdapat 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Harganya mencapai Rp 650 Juta.

Bagaimana, sudah bisa memutuskan beli rumah atau membangun rumah ?
Tidak perlu saya jelaskan lagi bisa anda bandingkan sendiri perbedaan di atas lebih murah membangun rumah atau malah membeli rumah jadi.

Saran kami, jika Anda tidak ingin repot membangun rumah, belilah kepada developer sudah terpercaya. Bila Anda memutuskan membangun sendiri pelajari terlebih dahulu kiatnya bagaimana cara nya menekan anggaran agar tidak boros. Untuk lebih amannya. Pakailah jasa kontraktor dalam melaksanakan proyek Anda atau bisa hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut menganai rencana bangunan Anda.

Baca juga selengkapnya Kontraktor jogja terpercaya sebagai referensi dan bahan pertimbangan Anda.

 

Bagikan Via

Comments