Ingin Penghuni Rumah Sehat, Ini Kiatnya

EMKA ARSITEK KONTRAKTOR JOGJA

Ingin Penghuni Rumah Sehat, Ini KiatnyaPT.EMKA ARCHITECT GROUP
Cara menata gaya rumah berdampak besar pada kesehatan penghuninya,tentunya juga memperindah atau mempercantik estetika rumah. Berikut ini kiat mudah yang mampu meningkatkan kesehatan penghuni rumah.

1. Menggunakan alat makan berwarna

Makan dengan alat makan berwarna mampu mengurangi porsi makan hingga 22 persen. Pada umumnya piring berwarna putih adalah alat makan yang digunakan untuk makan,tetapi kebiasaan tersebut bukanlah cara tersehat itu menurut berbagi penelitian. Dalam sebuah pesta makan malam di Amerika,para peneliti dari Universitas Cornell menguji menguji hubungan antara warna piring dengan banyaknya porsi makanan. Para tamu diberikan sebuah piring dengan warna merah atau putih dan diminta mengisi piring itu dengan pasta tomat atau pasta krim. Hasilnya para tamu yang makan krim pasta putih di piring putih memiliki porsi lebih banyak 22 persen dibandingkan mereka yang makan pasta krim putih menggunakan piring warna merah. Alasannya sederhana karena porsi makan seseorang akan lebih sedikit jika diletakkan pada alat makan yang memiliki warna kontras dengan makanan. Oleh sebab itu mengganti warna alat makan bisa memiliki dampak besar terhadap porsi makan seseorang, bahkan hal itu berjalan tanpa disadari.

2. Seprai di Cuci tiap minggu

Seprai yang kotor merupakan sarang bagi bakteri dan kutu kasur, tetapi kita bingung seberapa sering harus mencucinya. Menurut ahli Mikrobiologi dan Patologi Sekolah Kesehatan Unoiversitas New York, Philip Tierno penggunanan handuk bisa beberapa kali sebelum bakteri berkembang biak,maksimal penggunaan nya tiga kali,katanya. Seprai juga musti di cuci seminggu sekali menggunakan air hangat untuk menghilangkan kutu dan bakteri. Jika memiliki alergi, maka kita bisa mencucinya dengan air hangat bersuhu minimal 55 derajat celcius hingga bersih.

Baca juga ;

3. Menambahkan cermin di ruang makan

Jika Anda termasuk orang yang menyenangi dapur atau ruang makan dengan sedikit sentuhan gaya, maka Anda bisa mempertimbangkan hasil penelitian di Universitas Florida Pusat, Amerika Serikat. Penelitian itu menemukan, sebuah cermin di ruang makan mampu memengaruhi seseorang untuk hidup lebih sehat. Hal itu dibuktikan melalui uji coba pada pelajar yang diberikan makanan lezat untuk dimakan pada ruang makan yang memiliki cermin. Hasilnya, mereka mengatakan tidak menemukan kelezatan dalam makanan tersebut. Fakta ini membuat peneliti percaya bahwa cermin di ruang makan mampu memaksa seseorang untuk melihat dirinya secara lebih objektif.

“Sekilas pandangan di cermin memberi tahu orang lebih dari sekadar penampilan fisiknya tetapi juga membantunya menilai dirinya sendiri dan perilakunya sesuai dengan ketika menilai orang lain,” jelas Ata Jami, salah satu peneliti di Universitas Florida Pusat.

4. Buat tempat khusus pengisian baterai

Sebuah penelitian dari Sekolah Kesehatan Harvard menemukan bahwa penggunaan handphone atau tablet pada malam hari sebelum tidur dapat mengganggu ritme sirkadian yang mengarah pada kualitas tidur malam yang buruk. Jika termasuk orang yang sebelum tidur melakukan penjelajahan internet dan bermain media sosial serta memeriksa telepon genggam ketika bangun tidur, maka Anda perlu khawatir terhadap kesehatan. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan dari telepon genggam mampu mendatangkan malapetaka bagi jam internal tidur Anda.

Sebuah penelitian dari Sekolah Kesehatan Harvard menemukan, penggunaan ponsel atau tablet pada malam hari sebelum tidur dapat mengganggu ritme sirkadian yang mengarah pada kualitas tidur malam yang buruk. Solusinya adalah Anda harus membuat tempat khusus pengisian baterai ponsel atau tablet di luar kamar Anda agar tidak mengganggu pola tidur Anda.

5. Perkecil ukuran alat makan dan minum

Sebuah peneilitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kecilnya ukuran piring atau mangkuk dapat mengurangi porsi makan hingga 30 persen. Salah satu trik gaya hidup sehat ini memiliki alasan sederhana, yakni berpindah ke mangkuk kecil secara serius mampu mengurangi kemungkinan makan berlebihan. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan, kecilnya ukuran piring atau mangkuk dapat mengurangi porsi makan hingga 30 persen. Para partisipan dalam penelitian itu bahkan melaporkan masih merasa kenyang karena mereka benar-benar tidak menyadari bahwa porsi makannya dikurangi.

6. Tambahkan tanaman hijau di dalam rumah

Menurut NASA, tanaman hias merupakan salah satu cara paling baik untuk meningkatkan kualitas udara. Munculnya banyak tanaman indoor dan pot dengan bentuk geometris unik membuat banyak orang cukup tertarik meletakkan tanaman hijau di dalam rumahnya. Bahkan menurut NASA, tanaman hias merupakan salah satu cara paling baik untuk meningkatkan kualitas udara. Salah satu tanaman terbaik untuk itu adalah tanaman krisan yang dianggap mampu menjadi penyerap polutan. Selain itu, tanaman tersebut juga ideal bagi orang yang menderita alergi. Mempercantik rumah dengan tanaman hijau juga bisa membuat Anda memiliki waktu tidur yang baik. Hal itu semakin baik mengingat tanaman mengeluarkan oksigen dan lebih baik lagi jika tanaman itu diletakkan di samping tempat tidur guna meningkatkan kualitas tidur Anda.

(sumber;kompas)

Bagikan Via

Comments