MANFAAT BIOPORI – JASA BANGUN ARSITEK JOGJA

MANFAAT BIOPORI – JASA BANGUN ARSITEK JOGJA

MANFAAT LUBANG BIOPORI JASA BANGUN ARSITEK JOGJA

MANFAAT BIOPORI – Jasa Bangun Arsitek Jogja.Biopori adalah metode resapan air yang peruntukanya mengatasi genangan air dengan membuat lubang pada tanah kemudian ditimbun sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah.


Manfaat Biopori secara ekologi dan lingkungan, yaitu memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, serta meningkatkan kesehatan tanah.Biopori juga bermanfaat secara arsitektur landskap karena telah digunakan sebagai pelengkap taman di berbagai rumah mewah dan rumah minimalis yang menerapkan konsep rumah hijau.
Biopori mampu meningkatkan daya penyerapan tanah terhadap air,sehingga risiko terjadinya penggenangan air (waterlogging) semakin kecil. Air yang tersimpan ini dapat menjaga kelembaban tanah bahkan di musim kemarau.Keunggulan ini dipercaya bermanfaat sebagai pencegah banjir. Dinding lubang biopori akan membentuk lubang-lubang kecil (pori-pori) yang mampu menyerap air. Sehingga dengan lubang berdiameter 10 cm dan kedalaman 100 cm, dengan hitungan geometri tabung yang sederhana akan didapatkan bahwa lubang akan memiliki luas bidang penyerapan sebesar 3,220.13 cm2. Tanpa biopori area tanah berdiameter 10 cm hanya memiliki luas bidang penyerapan 78 cm2. Biopori tersebut bermanfaat untuk menjaga keberadaan air tanah dan kelestarian mata air. Biopori juga menjadi alternatif penyerapan air hujan di kawasan yang memiliki lahan terbuka yang sempit.

# ARTIKEL LAIN :

Biopori dapat mengubah sampah organik menjadi kompos sampah organik sehingga mengurangi aktivitas pembakaran sampah yang dapat meningkatkan kandungan gas rumah kaca di atmosfer.Kompos dari biopori ini dapat diambil untuk diaplikasikan ke tanaman. Sampah organik yang dapat dikomposkan di dalam biopori diantaranya sampah taman dan kebun (daun dan ranting pohon), sampah dapur (sisa sayuran dan tulang hewan).
Biopori juga dapat meningkatkan aktivitas organisme dan mikroorganisme tanah sehingga meningkatkan kesehatan tanah dan perakaran tumbuhan sekitar. Organisme dan mikrorganisme tanah berperan penting dalam ekologi diantaranya sebagai detrivora dan pengikat nitrogen dari atmosfer. Pengikatan nitrogen mampu meningkatkan kadar nitrogen tanah sehingga penggunaan pupuk anorganik urea akan berkurang.Jasa Bangun Arsitek Jogja.

Bagikan Via

Comments