EMKA ARSITEK-FUNGSI PONDASI,SLOOF.BETON KOLOM,RINGBALK

EMKA ARSITEK PERUSAHAAN KONTRAKTOR JOGJA.

EMKA ARSITEK KONTRAKTOR JOGJA

Kekuatan dan Kokohnya bangunan sebuah rumah ditentukan oleh Struktur Bangunan itu sendiri,yang meliputi Pondasi,Beton Kolom,Sloof,serta Ring Balk.
Adapun Fungsi struktur secara umum adalah memikul beban bagian bagunan yang ada di atasnya.Menurut Tim EMKA ARSITEK berikut fungsi masing jenisnya yaitu, Pondasi,beton kolom, sloof, dan ring balk.

PONDASI

Pondasi adalah struktur bangunan bagian bawah yang berfungsi meneruskan gaya dari segala arah bangunan di atasnya ke tanah. Untuk itu pembuatan pondasi harus dapat menjamin kestabilan bangunan terhadap berat pondasi itu sendiri, beban-beban berguna, dan gaya-gaya luar seperti tekanan angin, gempa bumi, dan lain-lain.
Adanya penurunan pondasi setempat atau secara merata melebihi batas tertentu akan menyebabkan rusaknya bangunan atau menimbulkan patahan pada beton. Oleh karena itu penggalian tanah untuk pondasi sebaiknya harus mencapai tanah keras.

Secara umum terdapat dua macam pondasi, Yaitu:

Pondasi Dangkal : dipakai untuk bangunan bertanah keras atau bangunan-bangunan sederhana.

Pondasi Dalam : dipakai untuk bangunan bertanah lembek, bangunan berbentang lebar (memiliki jarak kolom lebih dari 6 meter), dan bangunan bertingkat.

# ARTIKEL LAIN

BETON KOLOM

Beton kolom adalah balok beton bertulang yang berdiri tegak 90° pada setiap pertemuan dan sudut pasangan dinding yaitu bata merah,batako,hebel. Ukuran penampang beton kolom mengikuti ketebalan bahan dinding yang digunakan. Misalnya bahan dinding yang digunakan adalah bata merah (lebar 10 cm). Maka ukuran penampang beton kolom = 10 x 15 cm, atau 10 x 20 cm. Tulang utama sebuah beton kolom untuk rumah 1 lantai bisa menggunakan 4 bh besi beton berdiaeter 10 s/d 12 mm. Ukuran besi ring atau sengkang dengan besi diameter 6 mm s/d 8 mm dengan jarak antara sengkang 15 s/d 20 cm. Semakin besar diameter besi dan semakin kecil jarak sengkang, maka beton kolom akan semakin kuat dan kokoh.
Fungsi kolom adalah memikul beban bangunan yang ada di atasnya. Jika sebuah rumah 1 lantai yang memiliki 3o tiang beton kolom, maka secara bersama-sama memikul beban atap. Semakin berat beban atap maka semakin berat tugas beton kolom memikul beban tersebut. Oleh karena itu ketika kita akan membangun sebuah rumah harus mempertimbangkan jenis tutup atap yang akan digunakan. Jika kita akan menggunakan tutup atap dengan genting beton atau genting keramik dengan rangka atap kayu kelas 1 (berat), maka konstruksi kolom harus benar-benar sesuai. Adukan beton kolom menggunakan adukan beton mutu K-175 atau K-225. Adukan K-175 dengan campuran 1 semen : 2 pasir : 3 koral beton uk.2/3 cm.

BETON SLOOF

Beton sloof adalah balok beton bertulang yang dipasang secara horizontal tepat di atas pondasi batu kali. Ukuran penampang beton sloof rumah 1 lantai menggunakan ukuran 15 x 20 cm. Untuk ukuran diameter besi beton 10mm tulang utama, begel diameter 8mm, sedangkan jarak sengkang 20 s/d 25 cm. Adukan yang digunakan sama dengan adukan beton kolom.

Fungsi beton sloof adalah menerima beban yang dipikul oleh setiap kolom + beban dinding kemudian dan membagikan beban tersebut secara merata ke permukaan pondasi. Seluruh beban dipikul oleh pondasi. Itulah sebabnya mengapa pondasi batu kali dibuat melebar ke bawah, tujuannya agar pondasi tidak amblas ke tanah.

BETON RING BALK

Ring balk beton bertulang adalah balok beton yang dipasang di bagian atas pasangan dinding. Ukuran penampang ring balk untuk rumah 1 lantai mengikuti ukuran bahan dinding seperti beton kolom. Apabila menggunakab batu bata merah, ukuran ring balk = 10 x 20 cm, atau 10 x 15 cm, biasanya disesuaikan dengan jenis bahan penutup dan rangka atap, tapi jangan kurang dari 10 x 15 cm. Ukuran besi tulangan dan adukan beton sama dengan beton kolom dan sloof.

Fungsi ring balk beton adalah meratakan tumpuan beban rangka dan tutup atap dan meneruskannya ke setiap ujung beton kolom. Selain fung si tersebut, juga bersama-sama dengan beton kolom dan sloof mengikat pasangan dinding.( dari berbagai sumber ) EMKA ARSITEK KONTRAKTOR JOGJA

Bagikan Via

Comments