Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Kelebihan kekurangan atap baja ringan

Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Penggunaan kayu sebagai rangka atap lazim digunakan, apalagi di Indonesia terdapat berbagai jenis kayu dengan kualitas dan harga yang bermacam-macam.

Namun sekarang ini sudah ada alternatif pengganti kayu yang bisa digunakan sebagai rangka atap, yaitu baja ringan.

Material rangka atap ini terbuat dari bahan dasar baja dengan campuran zinc dan aluminium atau zinc-alum. Material ini sudah diproduksi secara massal di Indonesia.

Konstruksi baja ringan sudah diuji coba melalui penelitian yang dilakukan oleh para ahli selama bertahun-tahun dan telah lolos uji kekuatan serta lolos pengujian yang berhubungan dengan keselamatan manusia.

kelebihan atap baja ringan

Rangka baja ringan terdiri dari lempengan-lempengan panjang dengan profil yang bervariasi bentuk dan ukurannya sesuai fungsi masing-masing struktur rangka atap.

Untuk kuda-kuda atau rangka utama dan gording, profil baja ringan ini berbentuk ( I ) atau ( U ) terbalik dan memiliki ukuran yang lebih besar.

Sedangkan reng yang berfungsi sebagai pengikat kuda-kuda dan gording posisinya melintang di atas, serta mengikat kuda-kuda dan gording tersebut hingga membentuk suatu kerangka yang kokoh.

Lempengan reng profilnya paling kecil bentuk dan ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi serta pas perletakannya.

Baja ringan sudah diberi coating yang berfungsi sebagai lapisan anti karat dan pelindung dari proses korosi atau karat sehingga daya tahan material baja ringan terhadap karat menjadi empat kali lipat daripada baja biasa.

kelebihan atap baja ringan

Kelebihan Baja Ringan

  • Beban yang ditanggung oleh struktur dibawahnya, seperti pondasi, dinding, kolom, menjadi lebih rendah.
  • Baja ringan tahan terhadap karat, rayap dan perubahan cuaca dan kelembaban.
  • Apabila dibandingkan dengan rangka kayu atau baja konvensional, pemasangan rangka atap baja ringan relatif lebih cepat.
  • Baja ringan bersifat tidak merambatkan atau membesarkan api (non-combustible). Sebab dalam baja ringan terdapat sistem proteksi khusus yang disebut fire resistance yakni rakitan sistem struktur untuk membatasi penyebaran api pada suatu daerah atau kemampuan untuk secara menerus berperan menahan struktur ketika terpapar api.
  • Baja ringan juga tidak memiliki nilai muai susut sebagaimana material kayu.
  • Baja ringan lebih efisien dan ekonomis karena biaya pemeliharaan lebih kecil dan memiliki daya tahan lebih lama
  • karena tidak terkena rayap dan tidak lapuk.

Kekurangan Baja Ringan

  • Sistem struktur rangka baja ringan tersusun rapat, padat dan terlihat ramai, terhubung serta terkait satu dengan lainnya, sehingga kurang menarik apabila diexpose.
  • Membutuhkan perhitungan yang benar-benar matang, karena sistem strukturnya yang seperti rangka ruang tersebut maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung, salah pasang, akan membuat perlemahan sehingga dapat menyebabkan kegagalan total.
  • Rangka atap baja ringan tidak se-fleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil.
  • Dibutuhkan keahlian khusus untuk menghitung kebutuhan baja ringan, oleh karena itu tidak semua orang bisa menghitungnya.

Saran kami, jika Anda tidak ingin repot membangun rumah, belilah kepada developer sudah terpercaya. Bila Anda memutuskan membangun sendiri pelajari terlebih dahulu kiatnya bagaimana cara nya menekan anggaran agar tidak boros. Untuk lebih amannya. Pakailah jasa kontraktor dalam melaksanakan proyek Anda atau bisa hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut menganai rencana bangunan Anda.

Baca juga selengkapnya Kontraktor jogja terpercaya sebagai referensi dan bahan pertimbangan Anda.

 

Bagikan Via

Comments